Bayar Dibayari

Sering banget ga sih setelah makan bareng seseorang atau pun dua orang, sibuk ngeluarin dompet semua dan bayar-bayarin dengan heboh. Bertengkar di depan yang melayani bahkan? Sering ngga sih?

Aku sih engga ya.

Mungkin karena emang aku anaknya suka banget ditraktir atau ngga tahu malu. Agak sulit membedakan. Tapi begini penjelasanku :

Kenapa harus bertengkar di depan orang lain?

Kadang keinginan membayari membuat kita jadi tampak aneh dan ngga kompak. Apalagi kalau sampai serestoran menatapmu. Pelayannya juga sedang sibuk ya, jadi dia pasti kesel nungguin kita yang rebut-rebutan membayari. Tetap anggun! Kalau kamu mau tetap membayari dan sudah ada tanda-tanda kalau si orang ini akan ngebayarin, duluanlah ngebayarin. Bagaimana caranya? Pura-pura ke kamar mandi setelah makan selesai dan kayanya si teman ga akan pesen lagi.

Gantian adalah koentji

Karena kamu ga mungkin kan makan sekali aja sama lawan makan kamu itu? Buat aku, makan bersama dengan seseorang adalah aktivitas social yang kalau bisa diulang sesering mungkin. Dimana kita menjalin percakapan dan bergaul bersama, jadi lebih kenal deh. Nah kalau emang cuma sekali, kamu bisa gantian beliin dessert misalnya. Kalau tidak ada kesempatan begitu, ya sudah diterima aja, namanya juga rejeki.

 

Iya sih ini alasan-alasan yang ngga penting dan aneh. Tapi harusnya kamu tahu kalau aku aneh lewat berjuta postinganku di masa lalu 😛 Aku juga pasti akan lihat siapa yang makan bersamaku serta bukan berarti ini aku seenaknya serta ga tau diri. Kecuali kalau sama @ifahmi ya, emang dengan spesifik aku bilang kalau minta dijajanin. Eh banyak sih orang-orang yang sering aku suruh jajanin.

Pada saat ngedate pun, aku menerapkan syarat-syarat di atas. Prinsipnya, ngga mau dianggap lemah karena dibayari tapi juga ngga mau dianggap sok dengan ngga mau dibayari. Seimbang aja.

Kalau kamu bagaimana?

4 thoughts on “Bayar Dibayari”

  1. Aku penganut prinsip harus seimbang sih Pon. Malah gengsi kalo dibayarin terus. So, kalo pacarku bayarin aku makan, aku harus bayari dia dessert dan taxinya. Malahan prinsip aku, kalo bs aku lebih mahal dari dia dlm ngeluarin uang saat nge-date :D. Tanyain Imam deh hihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge