Belajar Menyelam di Tulamben, Bali

Di akhir 2012 kemarin, aku ke Bali untuk berlibur sekaligus mencari sertifikasi menyelam dengan mengambil kelas Open Water Diving. Sekarang aku sudah menjadi Open Water Diver dengan kemampuan minimal dalam hal buoyancy serta masih panik bingung dewe. Aku mengambil sertifikasi SSI level paling awal ini lewat Bali Diving International Professional. Dengan instruktur baik hati serta super sabar bernama Angga. Sungguh direkomendasikan mengambil sertifikasi bersama mereka. Sabar banget.

Alderina dan Angga

Dari dulu aku selalu senang berada di dalam air. Suatu ketika, saat berada di Pulau Papateo, Kepulauan Seribu, aku mencoba snorkeling. Rasanya senang sekali ada di dalam air, sendirian dan lupa dengan kehidupan di luar sana. Di timeline, om @RickyPesik dan banyak orang lain jadi kompor supaya aku belajar menyelam. Akhirnya aku putuskan bahwa 2012 harus berakhir dengan sebuah pencapaian yang berarti.

Masuk pertama kali ke dalam air itu mengerikan karena secara insting, kita belajar untuk mengapung. Tepat pada saat kita berada di antara air dan udara adalah momen paling menakutkan buatku.

Tabung udara juga beratnya minta ampun. Sampai sekarang masih berasa pusingnya bawa tabung udara pakai baju nyelam dan terombang-ambing di ombak. Panas dan pusing. Namun begitu sampai di dalam air, rasanya ngga pengen keluar. Mau di dalam aja terus, main sama ikan dan ngeliatin Nudibranch kawin lalu memakan pasangannya.

Sungguh indah berada di dalam air.

Life event di Facebook.

8 thoughts on “Belajar Menyelam di Tulamben, Bali”

  1. Selamat pagi, saya bukan orang indonesia ! Tapi saya ingin tanya…

    Mana adalah Kepulauan Seribu? Pulau itu adalah yang Jepang, bukan? Saya tidak tahu informasi, tapi ke sini untuk Goggle Image Search.

    *Please use easy words, or I can’t understand. Indonesia language is NOT my native language, thanks.

  2. apakah instruktur kamu itu bisa mengajar utk license PADI atau hanya SSI? butuh referensi instruktur nih…kalau di SSI itu bagaimana sih bisa share ga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge