Belanja Online di Indonesia

Dimanakah kamu biasanya berbelanja online? Pertanyaan ini terlintas di kepalaku saat sedang membaca-baca blog di luar negeri. Biasanya mereka dengan santai memberikan link ke Amazon, Nordstorm, Sephora dan toko online lokal. Sementara aku yang tertarik untuk membeli barang yang mereka sarankan, hanya bisa gigit jari. Bea cukai Indonesia terlalu kejam dalam memberi cukai! Selain itu, aku punya kriteria yang membuatku merasa senang berbelanja online.Sampai saat ini, di Indonesia aku tidak pernah punya pengalaman berbelanja online yang menyenangkan. Menyenangkan di sini kriterianya:

  1. Pilihan barangnya tidak hanya dari 1 merek.
  2. Pilihan barangnya tidak hanya yang mahal-mahal sekali.
  3. Menjual barang-barang yang belum masuk ke Indonesia: kuteks ESSIE, lipstik NARS, Chromecast, Kindle, pemutar piringan hitam, sepatu TOMS dan banyak lagi. (Iya ini emang dasar aku aja pengen brang-barang yang susah dicari di Indonesia :P)
  4. Opsi pembayarannya bisa transfer, kartu kredit dan paypal.

Saat ini yang paling mendekati adalah Bobobobo, tetapi pilihan barangnya terlalu mahal-mahal. Lalu aku jadi jalan-jalan ke Kaskus kalau ingin membeli barang-barang yang terkait dengan gadget. Paling gress sekarang justru beli dari Instagram. Sayang sekali di Instagram tidak ada button, “Buy Now” atau sekalian saja Instagram punya Instagram Shop. Enaknya kalau ada buy now dari instagram dan semuanya bisa ship international, barang dari mana saja bisa terbeli! WHUAH!

Ada momen-momen saat aku mencoba memakai Lazada, Blibli atau juga Tokopedia. Hanya saja, kurasi barang di sana sungguh tidak menyenangkan. Sehingga banyak barang yang tidak jelas juga ada. Meski pun ini juga dialami Amazon, tapi Amazon punya toko yang dimiiki oleh merek yang berjualan. Jadi akan selalu ada produk originalnya tapi kalau kita ingin beli dari seller lain juga bisa. Selain itu, pengalaman cari-cari barangnya masih lebih mudah Amazon sih.

Oh yang juga aku suka coba adalah Zocko! Kadang-kadang menemukan barang lucu. Tampilannya pun enak dilihat. Dapat cashback pula kalau beli dari link sendiri. MWAHAHAHA.

Jadi dimanakah kamu biasanya berbelanja online?

(Foto diambil dari blog The 50’s)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge