Bunga Batik Pink

Dalam rangka sakit, aku membikin bunga (yang seharusnya mawar) dari lengan baju batikku. Baju batik ini lama sekali terlupakan di kamar lama, lalu tadi aku bongkar-bongkar dan menemukan baju ini. Aku ingat kalau baju batik ini terlalu panjang lengannya. Sambil bongkar-bongkar, ketemu juga peralatan jahit lama dan tas les jahit jaman dahulu sekali. Maka dengan kebahagiaan yang penuh, kubikin saja jadi bunga. Demkian foto-fotonya…

Img_4351

Pertama kainnya dipotong panjang gini, lalu jangan lupa ditekan-tekan pakai penggaris. Jadi kainnya ga goyang-goyang waktu dijahit dan sudah bagus atau fixed gitu bentuk pinggirannya.

Img_4347

Kalau mau gampang, pakai alat kaya gini untuk masukin benangnya. Jadi ngga usah menyiksa mata. Tapi aku pakai alat gini juga masih ngga bisa-bisa masukin benang. Hihihi.. Biarin deh, nubie gitu.

Img_4348

Lalu kainnya dijelujur. Jelujurnya rapetan karena setelah dijelujur, kain ini akan dikerut dan kerutan kalau ngga rapet akan menyusahkan dirimu di akhir perjalanan pembuatan bunga ini. Percayalah padaku, telah kualami… barusan…

Img_4349

Setelah jelujuran ditarik, coba itu kain dipuntir-puntir dan dijadikan bunga. Kalau merasa cukup, ya sudah. Kalau merasa kurang gendut bunganya, bisa disambung dengan kain lain. 

Img_4350

Jangan diputus dulu benangnya tapi langsung dipakai untuk jelujur tambahan kain. Jadi ngga putus sambungannya.

Img_4352

Nah setelah beres jelujur yang kain kedua, dikerut bersama-sama. Dipuntir-puntir jadi bunga. Jangan lupa mematikan jahitan. Siapkan kain sejenis yg bulet untuk nutupin bagian bawahnya. Akan lebih bagus kalau bunga ini dilem aja ke kain buletnya. Jadi dia fixed gitu.

Img_4353

VOILA! Jadi deh bunganya 😀 Berantakan soalnya bikinnya sambil emosi :)) Kalau kamu mau buat, sabar yaaaa…

 

Pssttt… Spreinya kok kayanya lebih lucu kalau jadi bunga ya? Aku berpikir motong sprei Omaku ini :))

2 thoughts on “Bunga Batik Pink”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge