Happy Birthday HM King Bhumibol Adulyadej of Siam

I’m so lucky! Pada 5 Desember 2012, Raja Thailand berulang tahun ke-85 dan Bangkok merayakannya dengan penuh kegembiraan. Kebetulan Raja sedang tidak sehat dan kemudian dirawat di rumah sakit. Namun untuk ulang tahunnya yang ke-85, Raja merayakannya bersama rakyat Thailand dengan memberikan salam lewat balkon Anantha Samakhom Throne Hall.

Aku kebetulan hanya menyaksikan peristiwa bersejarah ini lewat live streaming tv lokal. Sebenarnya ingin berkunjung langsung tapi takut ngga bisa pulang karena diberitakan sekitar 100.000 orang berkumpul untuk memberikan hormat kepada Raja. Tidak sedikit yang datang dari berbagai daerah untuk memberikan hormat dan salamnya kepada Raja.

 

 

Raja juga memberikan seruan kepada rakyatnya untuk bersatu, demikian diberitakan oleh AFP. Sepertinya Raja sedih karena kemarin ada demonstrasi di Bangkok yang menuntut Perdana Menteri sekarang diturunkan.

Sepanjang live streaming, aku mendengar orang-orang berteriak memberikan salam. Setelah googling kanan kiri dan mendengar lewat Google Translate, aku menemukan bahwa orang-orang ini meneriakkan “Long Live the King”. Dalam bahasa Thailand, Long Live the King ditulis seperti ini ทรงพระเจริญ dan dibaca seperti ini “Thrng phra ceriỵ”. Coba gunakan Google Translate dan copy paste huruf Thailandnya, translate dari Thai ke Thai, lalu klik icon suaranya, nanti akan ketahuan seperti apa bunyinya.

Video dari Guardian ini juga memperlihatkan keramaian ulang tahun Raja.

Aku kagum dengan orang-orang Thailand yang memiliki kesetiaan begitu kuat terhadap Raja. Tentu aku dibesarkan dan dididik di sebuah negara yang berbasis demokrasi sehingga tidak bisa mengerti betul bagaimana cara pandang orang Thailand yang memang sistem negaranya berbasis Kerajaan. Aku pikir, aku tidak akan pernah mengerti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge