Jadi #Anakbaru di Reksa Dana

Akhirnya setelah selesai proses administasi di Commonwealth Bank. Diriku mulai membeli reksa dana dengan cara online. Mudah sekali karena sudah ada tokennya. Sebelum beli baca kanan kiri dan colekin semua orang. Dengan tujuan duit reksa dana mau diambil dalam waktu 1 tahun karena emang buat jalan-jalan, maka diriku membeli reksa dana saham. Semoga nanti bisa ke Istanbul, Jerman, Paris dan Inggris… (mulai deh cita-citanya kebanyakan)

Hanya dengan Rp. 500.000 aku membeli reksa dana dari Schroder 90 Plus. Soalnya diliat di prospektusnya, dia nanem duit di tempat yang keren-keren. Terbukti dalam 1 bulan ini, sudah ada kenaikan beberapa ribu rupiah. Bandingkan kalau duitnya dimasukin di tabungan, dijamin ngga dapat segitu juga.

Sama @qronoz dikasih tau untuk install Bloomberg App. Di sana ada section My Stocks. Bisa diubah sesuai dengan kebutuhan. Aku bisa masukin data dari Reksa Dana yang aku pakai dan mengawasi naik turunnya. Terus kita masukin juga jumlah poin yang bisa kita beli (NAV) dan harga pas beli jadi nanti sama app-nya dibantu dilihatin untung ruginya. Sampai sekarang sih selalu untung ya.

Kemarin baru beli lagi Reksa Dana lain, dalam rangka mau ngebandingin kecepatan naiknya sehingga bisa tau mana yang lebih banyak dikasih duit. Kalau beli kemarin setelah jam 1 siang, harganya baru dapat harga sore ini jadi baru tau dapat berapa poin (NAV) dan dapat di harga berapa itu besok. Agak lambat sih ya cin! 

Tips, jangan mantengin harga reksa dana kamu setiap hari. Soalnya bisa deg-degan karena naik turun gilaaaak! Gitu deh… Jangan lupa perhatiin, ada berapa persen dari uang yang kamu masukin ke Reksa Dana yang kepotong sama biaya bayar manajer investasi ya. Jangan kaget kalau masukin 500ribu tapi malah belinya cuma 495ribu. Lah soalnya kepotong gitu buat si manajer investasinya.

Terima kasih sebanyak-banyaknya buat @faniezdotnet tercinta yang telah meyakinkanku untuk berReksaDana :*

5 thoughts on “Jadi #Anakbaru di Reksa Dana”

  1. jadi ingat, aku awal tahun ini invest di reksadana, pake auto invest commbank. awalnya g tau n modal nekat. terus datang ke bank n tanya cs intinya mo buka reksadana…sekarang sedikit banyak dah paham tetek bengek saham, n so..gogling n learning by doing lebih gampang daripada sekedar kita obrolin j..masuk j maka kita mau tidak mau terpaksa jadi belajar to he…he..

    1. Eh jadinya OK ngga? Aku paling deg-degan waktu harus milih masukin dana ke yang mana. Meski pun udah baca-baca sih 😛 Hehehehe.. Semoga RD kita naiiikkkk dan NAIIIKKK terus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge