Mie Kari dari Thailand Utara

Khao Soi

Nama resminya : Khao soi atau khao soy (Thai: ข้าวซอย [kʰâw sɔːj]). Makanan khas Thailand Utara ini rupanya mendapat pengaruh yang besar dari Burma. Kalau menurutku sendiri, khao soi adalah pelipur lara saat menginginkan kari ayam. Tinggal bawa lonton aja kalau mau makin terasa “lebaran”.

Khao Soi ini lebih enak yang ayam, meski ada versi babi. Kuahnya santan drngan berbagai bumbu yang salah satunya pasti kunir soalnya kuahnya warna kuning. Memang Khao Soi ini akan jadi enak saat sudah dicampur dengan kondimen-kondimennya.

Kondimennya ada bawa merah segar, sambal dengan minyak berlimpah, jeruk nipis dan sayur asin (sepertinya). Aku selalu suka menambahkan bawang, jeruk dan sambal. Ngga pernah menambahkan sayur asinnya karena ngga enak sama sekali.

Khao Soi paling enak memang ditemui di Sukhumvit 38, warung ujung kanan. Tapi si daerah makan siang perkantoran juga sering ditemui khao soi. Seperti di food court Empire Tower, Sathorn. Dijual di stall kecil dengan signage gambar Ibu-Ibu. Sungguh mengingatkan pada ayam goreng Ny. Suharti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge