Museum Sandi di Yogyakarta

Betapa menariknya melihat sebuah museum yang menampilkan seluk-beluk kegiatan RAHASIA. Kegiatan bertukar sandi…

Sandi digunakan oleh banyak negara untuk melindungi keamanan informasi yang sedang ditukar. Rupanya Indonesia juga punya sandi sendiri. OMG. Tidak pernah terpikir bahwa kita punya sandi yang diciptakan oleh orang Indonesia dan dipakai untuk bertukar pesan antar kita sendiri. Negara kita pun menempatkan ahli sandi di berbagai Kedutaan Besar Republik Indonesia. Untuk apa? Sungguh ku tak mengerti. Kukira negara kita untuk urusan persandian diserahkan pada yang mistis-mistis macam dukun.

(null)
Look how dapper our code agents were 🙂

 

Meski pun di museum ini tidak banyak hal yang dijelaskan tapi keberadaannya menambah perasaan yakin kalau Indonesia ini memang besar. Semacam: kalau sampai harus pakai sandi-sandi, artinya kita punya rahasia yang penting. Meski pun penting buat seseorang bisa jadi tidak penting buat orang lain. Anyway, menurut Republika Online, Museum Sandi ini adalah museum pertama dan satu-satunya di dunia yang membahas soal persandian. Masuk akal sih, namanya juga sandi yang digunakan untuk berbagi rahasia, kalau dijelaskan bahaya juga. Makanya di museum sandi pun, tidak dijabarkan bagaimana Sandi Ala Indonesia itu.

(null)
Indonesia bahkan membuat alat sandi sendiri!

 

(null)
Ini adalah 2 penghargaan yang diperoleh Bapak Sandi Indonesia, Mayjen. TNI (purn) dr. Roebiono Kertopati. Bapak ini juga punya banyak sekali gadget-gadget seperti di 3 foto:

(null)
Batu Akik. My Precious. Batu Akik memang pilihan orang-orang sakses……… (harus banget ya dipamerin batu akik si bapak?)

 

(null)
Apakah ini kamera yang juga bisa menembak? Kaya di film-film 007 gituuu.

 

(null)
Mungkin ini cikal-bakal Apple Watch…

 

Btw, ternyata Mayjen TNI Nachrowi Ramli pernah menjadi Kepala Lembaga Sandi Negara RI. Itu loh calon wakil gubernur Jakarta yang pernah bilang, “Haiya Ahok.”

Museum Sandi
Jl. Faridan M. Noto No. 21, Kotabaru, 55224, Indonesia
Jam Buka: Pagi – 12 siang
Website: Lembaga Sandi Negara

2 thoughts on “Museum Sandi di Yogyakarta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge