Nonton Beta Cinta Indonesia Bikin Mikir

Karena aku ini kan ingin tampak berbudaya ya, jadi aku nonton dong Beta Cinta Indonesia. Ulasannya dan pemikiran bisa dibaca di Kubikels. Di sini aku cuma ingin menambahkan cerita-cerita menarik seperti : OTOT PENARI LELAKI.

Lihatlah Penari di Belakang AB Three. Foto minjem dari : http://www.suarapembaruan.com/home/beta-cinta-indonesia-bukti-mahakarya-guruh-soekarno-putra/12760

Jadi, di pemetasan kemarin itu, ada beberapa cowo yang bertelanjang dada dan mengenakan celana sangat pendek. Aku khagum sekali sama Mas Guruh yang memberikan dan menyajikan tontonan yang berbeda dari biasanya. Biasanya kan perempuan tuh yang didandanin seksi tapi kali ini lelakinya diperlihatkan berbusana minim. Oh indahnya. Apalagi lelakinya rupawan dan memang ototnya bagus, tidak terlalu banyak sehingga membuat tidak ingin melihat. Kakinya terutama. Wah, ciptaan Tuhan memang indah. Anyway, di sebelahku itu lelaki juga yang nampaknya sangat gembira tiap ada pemain berotot yang muncul di panggung. Ditandai dengan teriakan girang dari sebelahku itu. Aku sampai kaget…

Sewaktu aku nonton, aku tuh jadi mikir gini. Kenapa ya aku kok seakan-akan harus cinta sama Soekarno dan sebel sama Soeharto? Padahal sewaktu Soekarno berkuasa, aku ngga mengalami apa-apa karena ya belum lahir. Sewaktu Soeharto berkuasa, aku meski pun berdarah Cina juga ngga mengalami apa-apa. Orang tuaku yang mengalaminya, bukan aku. Orang tua dan Kakek Nenekku yang mengalami peperangan atau pun penolakan sebagai orang berdarah Cina. Bahkan pada waktu Mei 1998, di Sidoarjo tidak ada apa-apa. Padahal aku tinggal di sebuah tempat yang sangat rentan diserang.

Presiden yang aku mulai bisa paham sepenuhnya dengan situasi adalah SBY. Karena aku sudah mulai ikutan pemilu. Mungkin ini yang membuat berbagai kampanye nasionalisme yang masih mengangkat profil Soekarno menjadi kurang kena di aku? Karena secara emosional, kurang lekat denganku. Pertanyaannya, apa makna nasionalisme untuk generasi di masaku? Generasi yang hanya merasakan enaknya Indonesia. Bagaimana menyentuh sisi tersebut tanpa harus menjadi another-lame-campaign?

Namun tentu saja ini adalah pemikiran pribadi, jadi tolong jangan kemudian dikait-kaitkan dengan aku yang tidak merasa senasib dengan kawan-kawan sebangsa yang mengalami berbagai kejadian tidak enak di kala Soeharto atau pun yang berjuang di kala Soekarno.

9 thoughts on “Nonton Beta Cinta Indonesia Bikin Mikir”

  1. Pon, aku pun merasa begitu.

    sepertinya tidak banyak tahu soal politik negeri ini membuat kita dinilai tidak berjiwa nasionalis. harus ikut ga suka dengan rezim yang banyak di-gak-sukai banyak orang. padahal menurutku, biarlah kita dengan sendirinya mengetahui dan berpendapat sendiri soal sejarah bangsa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge