Persiapan Jalan-Jalan Ke Jepang di Musim Gugur

Setelah sekian lama ingin jalan-jalan ke Jepang, kesempatan itu datang juga. Terima kasih kepada Garuda Indonesia yang mengadakan promo sehingga aku hanya membayar 6,000,000 rupiah saja untuk tiket Pulang Pergi. Ingat ini Garuda Indonesia jadi di pesawat pasti akan dapat makan, film, selimut, bantal dan bagasi gratis. Apalagi kalau sudah frequent flyer, bisa dapat poin yang nantinya akan berguna. Yay! Tapi post ini bukan soal Garuda Indonesia, post ini soal persiapan aku menuju Jepang di Oktober.

Jadi apa saja yang aku lakukan untuk persiapan ke Jepang?

CARI TAHU CUACA

Kelamaan hidup di negara tropis, cari tahu cuaca sering kelupaan. Lah cuaca kita isinya panas atau hujan, ngga pernah badai salju kan. Alhasil, ngecek cuaca bukan prioritas padahal cuaca bakal menentukan pakaian apa, kemana dan atraksi apa yang bisa dinikmati dengan enak.

Ternyata Oktober itu FALL atau AUTUMN atau Musim Gugur. Musim yang belum pernah aku alami seumur hidupku yang sudah lumayan lama ini. Di Tokyo, diperkirakan suhunya sekitar 19 celsius dan itu bukan suhu paling rendah ya, suhu paling rendahnya 11 celsius. Langsung kepikiran syal dan legging mana yang harus dibawa. Sayangnya perkiraan cuaca masih belum terlalu detail karena ACCU Weather perkiraannya paling jauh hanya 1 bulan ke depan.

TENTUKAN TEMA JALAN-JALAN

Ada orang yang ke Jepang untuk main di Tokyo Disneyland atau Tokyo Disney Sea. Ada juga yang pengen ke Universal Studio untuk main di Harry Potter World. Ada juga yang ke Jepang untuk berkunjung ke semua Shinto Shrines, bukan untuk berdoa tapi untuk lihat-lihat. Terinspirasi komik masa kecil mungkin, kan selalu ada scene di kuil.

Namun, dari awal aku ingin ke Jepang untuk mengagumi hasil karya arsitek Jepang yang menurutku selalu rapi dan unik. Memanfaatkan lokasi sedemikian sempit untuk jadi tempat tinggal yang fungsional. Lalu karena tahu akan berkunjung saat musim gugur, maka jalan-jalan kali ini artinya berkunjung ke lokasi yang bisa melihat daun-daun berubah warna.

CARI TAHU LOKASI

Buka Google Maps, tandain kota-kota yang sudah diincar untuk tahu apakah rutenya sejalan dan ngga bolak-balik. Kalau rutenya ngga sejalan, pertimbangkan apakah kota incaran memang segitu hebohnya sampai harus didatangi.

BACA BACA BACA BACA

Karena kurang membaca, aku sempat book tempat di TAKAYAMA. Pahadal KANAZAWA lebih bagus dan ada 21 Century Museum yang lucu dan bisa didatangi! Nah, ini lah karena kurang membaca. Kalau rasanya membaca jadi repot, bisa juga tanya ke teman yang sudah pernah ke Jepang atau sedang akan ke Jepang. Bisa dengan saling membandingkan itinerary atau nanya lokasi penting mana yang mereka incar. Aku reroute ke Kanazawa gara-gara ngobrol sama Dhika. Hahaha. Lalu setelah dibaca-baca, memang benar, Kanazawa bisa jadi akses menuju Shirawakawa-Go dan ternyata punya karya arsitektur (Takayama ga ada).

 

(Foto di cover difoto oleh Alessandro Tredicucci)

3 thoughts on “Persiapan Jalan-Jalan Ke Jepang di Musim Gugur”

  1. Hai mbak Gracia, ikut seneng bisa holiday kesini..saya Silent reader blogmu..
    Iya pas autumn bagus di shirakawago.. Saya sih blm pernah pas autumn kesana..tp tiap musim bagus kalo liat di ig mereka.. Aku pernah kesitu pas salju..menyenangkan..
    Arsitektur rumah2 tradisional shirakawago memang indah..sudah dijadikan world heritage..
    Kyoto juga katanya pas autumn spot wisata yg byk dikunjungi..
    Semoga liburannya menyenangkan ya..btw salam kenal

  2. Aku tiap baca tulisan soal Jepang kok jadi pengen tinggai di sana ya. :)))

    Btw aku termasuk yang ke Jepang buat ke theme park. I LOVE THEME PARK!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge