Resep: Sambal Matah Kecombrang

Kecombrang, sebuah bunga yang lagi trendy jadi campuran makanan di resto mahal. Di beberapa daerah di Indonesia, namanya berbeda-beda. Misalnya Rias untuk orang Batak, Kecicang kalau di Bali, Kincung kalau di Medan dan Honce. Begini bentuk kecombrang yang ditemukan Mpok Ijah di pasar sebelah:

Kecombrang langsing

Kecombrang punya rasa yang cukup unik. Ada rasa asam saat digigit tapi tidak terlalu asam jadi pas sekali untuk campuran sambal matah.  Keunikan kecombrang ada pada wanginya yang semerbak. Menarik sekali ketika sudah dicampurkan dalam makanan. Istilahnya memberikan pengalaman tidak hanya di lidah tapi juga di hidung. Hihihi. Jadi bagaimana cara buat sambal matah kecombrang?

Bikin sambal kecombrang tentu tidak sulit. Aku memakai bahan di bawah ini:

Cabe Kecil, Cabe Besar, Bawang Merah dan Kecombrang. Tak Lupa Garam.

Kalau sudah dipotong seperti di atas, kamu tinggal menggoreng bawang merah sampai coklat dan terkaramelisasi. Lalu masukkan cabenya. Setelah agak kering, baru deh masuk kecombrang dan garam. Beres deh!

Bisa disimpan di dalam kontainer di kulkas. Kira-kira baik untuk 2 minggu asal ketika mengambil sambal ini pakai sendok bersih. Kunci sambal yang tidak basi adalah diambil dengan sendok bersih, itu saja.

 

2 thoughts on “Resep: Sambal Matah Kecombrang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge