Social Media dan Kesepian

Sepertinya topik kesepian dan social media sedang sering diangkat oleh berbagai blogger, pemikir dan lain sebagainya. Video di atas menjelaskan bagaimana kita sebenarnya kesepian meski pun punya banyak “teman” di social media. Juga menjelaskan mengenai banyaknya pencitraan di social media. Sepertinya aku punya keahlian dalam hal kesepian. Sejak kecil menjadi anak tunggal dan kemudian pengalaman saat pertama kali ada di Bangkok.

Aku tidak setuju tapi juga tidak menolak. Aku pikir menggunakan social media secara berlebihan serta mengharapkan menjadi tidak kesepian memang tidak masuk akal. Bagaimana pun, keberadaan fisik tidak bisa digantikan oleh apa pun. Sayangnya, banyak juga yang lantas mengambil langkah ekstrem dengan tidak menggunakan social media. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut.

Salahnya dengan tidak menggunakan social media adalah saat merasa bahwa :

  • Aku keren banget karena ngga pakai social media, beda sama kalian anak-anak social media.
  • Aku anaknya super serius soal hubungan antar manusia karena aku ngga pakai social media untuk terkoneksi dengan manusia lain.
  • Aku anaknya ga kesepian karena aku ngga pakai social media.

Mengapa hal tersebut salah?

Karena kamu tidak akan otomatis terkoneksi dengan manusia lain hanya karena tidak pakai social media. Kamu tidak serta merta keren dan beda atau tidak kesepian hanya karena tidak pakai social media. Pakai atau tidak pakai social media itu pilihan setiap orang, tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk.

Lalu bagaimana?

Mudah sekali, jadilah orang yang baik dan menghargai orang lain. Jadi orang yang selalu ada buat orang lain tanpa harus menyombongkan diri mengenai pilihan yang kamu lakukan. Lakukan kegiatan tatap muka. Saat seseorang menjadi bahagia karena fotonya dilike oleh orang lain, biarkanlah orang tersebut bahagia.

Tapi kalau kamu mau merasa ketiga hal di atas, itu juga pilihan kamu sih dan tidak seharusnya aku menyatakan hal tersebut baik atau buruk. Jadi pendapatku boleh tidak digubris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge