Tiga Hari di @SocMedFest 2011

Sekitar 43.000 orang hadir sejak Kamis hingga Sabtu untuk merayakan dunia Social Media di fX, Jakarta. Acara dengan judul Social Media Festival ini bertujuan mengumpulkan komunitas-komunitas untuk bisa bersenang-senang bersama dan merasakan kebersamaan. Selain itu ada tujuan lain, yaitu membuktikan hasil riset yang sudah dilakukan oleh @salingsilang (ini hasil curi dengar @shafiqpontoh tadi sesudah acara). Soal ini, biarlah kita tunggu report resmi dari Saling Silang. Aku pengen cerita apa yang menarik yang aku temukan dan tentunya kenarsisanku. Social Media Festival 2011 ini terselenggara dengan format kira-kira begini : diinisiasi oleh Saling-Silang dan didukung sepenuhnya banget sama Daily Social serta disediakan tempat dengan gratis oleh fX.

Pertama, banyak komunitas yang serius bahasannya di Indonesia ini. Mulai dari GoodReads, SelamatkanIbu dan masih banyak lagi yang soal mencintai bumi. Menyenangkan sekali melihat gerakan-gerakan yang sudah mereka buat. Paling asoy itu @LenteraID yang cover issue tentang survivor kekerasan seksual. Ini gerakan yang masih tabu untuk dibahas di Indonesia. Mungkin lewat social media, yang sifatnya bisa anonim, perempuan-perempuan ini berani mencari bantuan.

IMG_2269
Komunitas GoodReads Indonesia : @BacaItuSeru

Kedua, anonimitas. Menarik banget membaca tweet Teddy bahwa ada sebuah booth yang tersembunyi dan booth tersebut adalah milik @terselubung yang anonim. Tidak ada yang tahu siapa orang sebenernya dari terselubung. Sama seperti @poconggg ya, awalnya kita ngga tahu siapa poconggg meski akhirnya sekarang membuka diri. Ini adalah sebuah fenomena yang seakan-akan baru di social media padahal lumayan lama kejadiannya, cuma memang akhir-akhir ini tumbuh bagai jamur di musim hujan. Pemulainya siapa? Well, kalau dari sepanjang pengetahuanku mulai dari @PocongAsli yah. Menarik sekali karena panitia bisa menangkap trend ini dan menerjemahkannya ke dalam booth tersembunyi. Aku sih ngga nyari-nyari boothnya karena : malas dan sepatuku salah selama 3 hari ini demi bisa DANDANPOL.

Beauty Equals Pain
Bukti kalau kaki udah bocel semua gegara sepatu

Ketiga, booth @dandanpol yang pol banget! Sejak dari awal dengar soal Social Media Festival, aku mengajak kawans DandanPol untuk buka booth. Antusiasme manusia-manusia dandanpol sungguh sangat tinggi dan yang namanya emailku ini, heboh banget sama bahas ini itu buat acara SocMedFest. Aku sebagai salah satu anggota komunitas yang ikutan buka booth dan bikin acara absurd di panggung, ikutan EXCITED sama SocMedFest kemudian mengajak orang-orang datang. Ini salah satu kunci super sekali untuk kesuksesan SocMedFest, komunitas. But this one is not a surprise lah ya.

Booth DandanPOL
Booth DandanPOL

Keempat, LARIS MANIS restoran dan cafe di fX dong. Kelihatan sekali ada beberapa tempat yang kurang siap dengan keramaian manusia sehingga gagap dalam melayani. Semoga fX bisa rame terus yaaa….

Kelima, ada momen positif dan keren di acara puncak yang aku terlewat, mengenai SEA Games. Semoga bisa membaca tentang hal ini dari tulisan orang lain.

Beneran deh ini fans setia PeeWeeGaskin :p apal nyanyi gitu d... on Twitpic
Keren banget fansnya Pee Wee Gaskin! Beda lagi nih gignya dari gig yang aku biasa lihat

Meski ya ada aja sih salah-salahnya SocMedFest 2011, tapi sebagai event yang persiapannya mepet, aku tetap merasa ini acara menyenangkan sekali dan memberikan kesempatan untuk tebar pesona!

Meeting @Fitrop
Barengan Anjing Gombalers foto sama Fitrop
Membuat gosip baru dengan @pungkas
Setelah acara, sempat foto dengan salah satu volunteer : @pungkas

 

7 thoughts on “Tiga Hari di @SocMedFest 2011”

  1. Matamu pas sama pungkas, terlihat agak lelah. Dan iya! Kita kok gak foto sih? supaya foto kita berdua tersebar di blogs masing-masing gituw.
    Cuma menurutku satu yang belum ada…booth cari jodoh #teteup

    1. Lelah tapi puas 😀 Senang sekali ne sama acaranya. Kamu senang kan?

      Anyway, selain booth yang jelas dibutuhkan SEMUA GALAUERS di timeline itu, ada 1 booth yang harusnya ada yaitu booth #MEMETWIT

      Tapi aku ga akan mendatangi booth itu….

  2. sebenernya settingan idberkebun itu udah cocok buat #memetwit, harusnya tahun depan booth itu dikasih “kejutan” beberapa penampakan ya #ngasihide..

    aku jelas sungguh senang. Kayaknya merasa eksis gitu sama acara ini, padahal gak pengen gitu, tapipas dicari-cari kok ya senang (memang kurang perhatian -____-)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge