Tips Terbang Bersama Air Asia

“Namanya juga terbang dengan budget airlines, ya terima aja deh kalau pelayanannya buruk.”

Nada sumbing seperti tadi memang sering terdengar tapi aku tidak pernah mengalaminya kalau terbang bersama Air Asia. Lebih banyak mengalaminya saat terbang bersama Lion Air yang sepertinya bukan budget airline, tapi servicenya buruk sekali. Sigh, why Lion Air, why?

Sebagai seorang anak yang ingin selalu jalan-jalan, budget airlines jelas jadi pilihan saat mau pergi. Berangkat biasa tidak pakai bagasi, pulang baru deh pakai bagasi. Nah, aku mau share gimana sih supaya perjalanan jadi makin menyenangkan saat naik Air Asia.

Check in sebelum sampai di Bandara

Air Asia punya fasilitas web check in yang bisa dipakai oleh kita selama ada koneksi internet.

“All flights from 14 days up to 1 hour before departure for AirAsia(AK, QZ, FD, PQ, Z2, I5) flights and up to 4 hours for AirAsia X(D7, XJ) flights.”

Enaknya check in sebelum sampai di Bandara adalah kita ga usah lagi ribet di depan counter check in. Antri lama-lama hanya untuk mendapatkan seat. Enak kan kalau waktu antri bisa dipakai buat explore tempat jalan-jalan atau bisa juga dipakai untuk memerangi MACETnya Jakarta.

BAWA semua dokumen

Selalu lakukan cek ulang di kepala dokumen yang dibutuhkan. Enaknya kalau sudah web check in, kita tinggal melenggang masuk imigrasi, check dokumen lalu masuk ke ruang tunggu. Waktu pun bisa dihabiskan untuk nongkrong di Starbucks atau makan baso Ino sebelum masuk ruang tunggu (kalau kamu terbang dari Terminal 3 CGK). Dokumen apa saja yang perlu dibawa?

  1. Passport
  2. KTP
  3. ATM
  4. Uang

Makan Nasi Lemak Pak Nasser dan minum Bubble Tea

I know tips ini agak apaan gitu ya. Tapi makanan di Air Asia itu enak-enak. Salah satunya Nasi Lemak Pak Nasser yang emang nasinya berasa kelapa dan lauknya mantap. Memang sih jangan berharap kaya beli nasi lemak di pinggir jalan yang porsinya bisa banyak, porsinya pas dan ngga bikin laper serta bikin hangat perjalanan menuju tempat jalan-jalan. Kamu bisa juga pesen sebelum terbang supaya harganya lebih murah.  Ini menu lainnya. Nasi Padangnya juga enak sih.

A traditional Malaysian favourite fragrant coconut rice served with Pak Nasser’s special chilli sambal and tender chicken rendang, accompanied with traditional condiments of fried anchovies, crunchy groundnuts and half of a hard-boiled egg.

Oh, Air Asia selalu punya menu bubble tea, ganti-ganti partner. Sepertinya sekarang masih sama Share Tea. Aku suka sekali bubble tea. Bikin perjalanan jadi beda, biasanya soda atau teh biasa, sekarang ada bubble tea!

Bawa selimut atau kain dan hiburan sendiri

Yes, karena ga ada hiburan lalu mesti berjam-jam di dalam pesawat, disarankan bawa kain buat selimutan dan hiburan semacam laptop berisi film atau iPod berisi lagu nikmat. Selain itu bisa juga bawa iPad yang berisi games dan lagu. Lagi doyan sama Kim Kardashian nih. Kamu bisa download games dan bawa film. PENTING banget bawa film, kalau engga betek di perjalanan. Bawa juga headphonenya ya, ampun menahan suara bayi nangis non stop.

Mabokan? Minum ANTIMO 30 menit sebelum perjalanan mulai

Udah lah, kalau kamu mabokan, jangan sok-sok ok banget terus ngga mau minum antimo.  Minumlah antimo wahai pemabok perjalanan. Dijamin perjalanan menyenangkan banget dan kamu ga usah pusing sama turbulence dan kejadian menakutkan di pesawat. Termasuk ga usah puyeng denger bayi nangis tiada henti.

 

Punya tips atau cerita naik Air Asia? Ceritain di komentar dong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge