Cara Memesan Minuman di Starbucks

Alderina Iced Coffee with Liquid Whipped Cream Starbucks Alderina

Tentunya kita pernah masuk ke Starbucks lalu bingung dengan berbagai istilah yang disebutkan oleh pemuda pemudi yang ada di balik counter. Atau ingin merasakan minuman-minuman yang ada di Starbucks Secret Menus? Mari bersama-sama kita pelajari bagaimana cara terbaik memesan minuman di Starbucks.

Siapa pemuda-pemudi yang ada di belakang counter?

Pemuda atau pemudi yang ada di belakang counter adalah barista. Istilah untuk pembuat kopi. Starbucks masih tempat memesan kopi meski pun sekarang sudah banyak jenis-jenis minuman yang tidak berhubungan dengan kopi disediakan.

barista (/bəˈrstə, –ˈrɪstə/Italian [baˈrista]; from the Italian for “bartender”) is a person, usually a coffeehouse employee, who prepares and serves espresso-based coffee drinks.

Apa yang harus dilakukan saat masuk ke dalam gerai Starbucks?

Bukan buru-buru cari kursi dan menduduki. Masuk ke dalam gerai Starbucks, langsung antri di counter, belanja minuman atau makanan, baru kemudian mencari tempat duduk.

Bagaimana cara menyebutkan minuman yang ingin dipesan?

Di Starbucks ada urutan cara menyebutkan minuman yang dipesan. Supaya lebih kelihatan keren, ada baiknya belajar urutan penyebutan minuman di Starbucks. Ada 8 steps. Kasihan juga ya barista ini harus ingat urutannya saat order ke teman counter.

  1. Hot or iced: Pilihan ini disebutkan di depan. Karena baristanya harus mengambil gelas yang akan dipakai dan menuliskan pesananmu di gelas tersebut.
  2. Size: Ukuran gelas di Starbucks. Untuk panas ada short, tall, grande, venti. Untuk dingin ada tall, grande, venti.
  3. Decaf: Hanya ingin merasakan kopi tapi masih ingin bisa tidur malam ini? Pesan decaf coffee. Sepanjang aku tahu, semua Starbucks menyediakan opsi decaf untuk espressonya.
  4. Jumlah shots: Espresso Shots, bukan shots lain. Mungkin ingin lebih banyak shots? Double? Triple?
  5. Jumlah pump untuk syrup: Beberapa minuman menggunakan sirup atau gula cair. Misalnya Double Shot Ice Shaken Espresso menggunakan 3 pumps simple syrup dan aku lebih suka tanpa gula atau terkadang 1 pump simple syrup. Lebih berasa kopinya.
  6. Jenis susu: Apakah susu skim atau susu soya? Beritahukan apabila ada spesial request untuk minumanmu. Kesukaanku susu soya untuk Green Tea Latte, enakkk.
  7. Any extras: Extra whipped cream? Atau extra sirup tertentu?
  8. Tipe minuman: Latte, Frapuccino, Machiato, Ice Shaken Espresso? Bisa disebutkan di akhir.

Dimana bisa menikmati minuman yang dipesan?

For here or to go? 

For here, di awal kamu bisa menyebutkan kalau kamu ingin minum di gerai. Terkadang kamu akan diberi gelas kaca yang bisa dipakai di dalam gerai. Setelah kamu memesan, membayar, dan mengambil sendiri pesanan di counter pengambilan minuman, kamu bisa segera mencari tempat untuk duduk.

To go, minuman bisa dibawa pulang. Kamu akan diberi gelas yang bisa dibawa pulang. Bahkan kalau kamu sudah diberi cup to go, kamu tetap bisa mengubah pikiran dan menikmati secangkir kopi di gerai Starbucks.

Ingin belajar lebih banyak soal kopi? Blog 1912 Pike ini menjelaskan dengan lengkap serba-serbi soal kopi dari Starbucks.

Ukuran Gelas Starbucks

Tambahan, ukuran gelas-gelas di Starbucks. Gambar diambil dari website Eater.

Starbucks coffee cups sizes tall grande venti trenta Alderina

Sekarang, apa minuman yang ingin kamu pesan di Starbucks?

 

Iklan

4 respons untuk ‘Cara Memesan Minuman di Starbucks

  1. Di beberapa kesempatan aku harus pesan dua kali untuk minum hot tall americano plus two shots. Karena biasanya barista ngasih tau lagi kalo tall americano itu sudah two shots. Aku bilang aku mau 4 shot di gelas itu mas! Haha…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s